Mittwoch, 9. Januar 2008

Kristus Utk. Org. Berdosa

"Bukan orang sehat yang memerlukan tabib tetapi orang sakit;
aku datang bukan memanggil orang benar, melainkan orang berdosa."
(Markus 2:17)
...
Cobalah pergi ke dokter, ketika anda sama sekali tidak mengalami gangguan kesehatan, atau ketika anda sangat fit; bikin janji, ambil waktu sebentar menunggu di ruang tunggu. Bertemulah dengan sang dokter. Katakan: "dokter, sesungguhnya saya tidak memiliki gangguan apa-apa, saya kuat, saya fit. Apa yang harus saya lakukan supaya saya sakit?"

Sungguh... saya tidak tahu apa yang akan dikatakan dokter tersebut. Mungkin dia berkata: "Anda perlu ke Psikiater! Apakah anda dari kelompok pelawak dengan kamera tersembunyi? OK... pasien berikutnya!"

Menurut anda, bagaimana kira-kira reaksi dokter itu, apa yang akan dikatakannya?

"Bukan orang sehat yang memerlukan tabib tetapi orang sakit" adalah fakta/kalimat umum keseharian. Akan tetapi kenapa kemudian terpadukan dengan kalimat "aku datang bukan memanggil orang benar, melainkan orang berdosa". Orang sakit yang membutuhkan tabib diumpamakan/dibandingkan dengan orang berdosa yang membutuhkan penyelamat.

(marudut...)